Langsung ke konten utama

PEMBELAJARAN JARAK JAUH

                     PELAKSANAAN PJJ DI SLBN 11 JAKARTA

Setelah PPDB tahun ajaran baru 2020/2021 berakhir, tibalah saatnya seluruh peserta didik beranjak untuk mengawali kegiatan belajar mengajar.  Bapak dan ibu guru sudah menyiapkan langkah-langkah pembelajaran dengan mengikuti aturan sesuai dengan instruksi Mendikbud, yaitu Belajar dari Rumah (BDR) atau belajar Jarak jauh (PJJ) atau Home learning (HL). 

Nah, bagaimana ini bisa dilaksanakan ?

Ya. Kegiatan belajar mengajar di SLB N 11 dilakukan secara non tatap muka atau Daring yaitu melalui pembelajaran Jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi WA, Zoom, Google Classroom dan lainnya. . Jadi PJJ bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara dan beberapa fasilitas yang bisa di manfaatkan sebagai pendukungnya. diantaranya:

1. Melalui WA group

Pembelajaran bisa dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi WA group ini. Biasanya Guru kelas membentuk jaringan WA grup dengan siswa atau melalui orangtua siswa. Antara guru dan siswa atau melalui orangtua siswa dapat berkomunikasi inten untuk menyampaikan tugas/materi pembelajaran.  Siswa dapat mengirimkan foto/hasil tugas/aktivitas belajar sebagai bukti pelaksnaan KBM. Bahkan guru dan siswa bisa menggunakan WA Vicall Group jika anggotanya terbatas atau sedikit.  Beberapa kendalanya adalah siswa atau orangtua tidak memiliki HP yang mendukung yang berbasis android, atau kemampuan menyediakan paket internet yang terbatas. 

2. Zoom Meeting

Pembelajaran dengan aplikasi meeting group seperti zoom ini cocok untuk pembelajaran yang diikuti oleh puluhan atau belasan peserta. dapat digunakan pada HP yang berbasis android maupun menggunakan laptop. sehingga antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa dapat saling berkomunikasi dan berdiskusi untuk sebuah pembelajaran. Pada Zoom ini didukung dengan adanya fitur Share Screen, Share audio dan Video serta fitur Chat. 

Kendalanya, disamping harus menggunakan HP berbasis android, Paket data internet juga Aplikasi zoom ini berbayar.

3. Media Televisi

Pembelajaran jarak jauh melalui siaran Televisi, dimana materi pembelajaran sudah disusun dan terprogram sesuai acara televisi. sehingga guru harus mengarahkan siswa untuk menyimak acara pembelajaran yang sesuai dengan satuan pendidikan, tingkat serta waktu tayangnya. Guru juga harus menyimak selama acara pembelajaran di televisi berlangsung, sehingga guru dapat memberikan evaluasi atau memperkaya penjelasan dari materi yang telah disimak. kendalanya, acara di TV kurang diminati, karena lebih bersifat tontonan, tidak terjadi komunikasi yang berimbang.

4. Google Classroom

Pembelajaran dengan menggunakan google classroom lebih kompleks, dimana guru harus benar-benar sudah memahami cara kerja aplikasi ini. Fasilitas yang disediakan oleh Google.com ini bebas dan tidak berbayar, tetapi perlu penguasaan yang lebih mendalam sehingga pembelajaran bisa terlaksana dengan aktivitas yang multi kompleks, menantang. kendalanya adalah semua peserta harus memiliki email account, menuntut penggunaan laptop atau tablet yg bisa digunakan untuk aplikasi office. 

Nah, beginilah pembelajaran Jarak jauh yang dituntut untuk bisa dilakukan selam masa pandemi covid-19 ini. Masih banyak cara-cara yang lain yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung PJJ, Hanya kendala terbesar untuk saat ini adalah kemampuan untuk menyediakan paket kuota internet yang menjadi beban terbesar. Tanpa adanya internet.... PJJ sangat terkendala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SLB NEGERI 11 JAKARTA

GEDUNG SEKOLAH BARU 2019 SLB NEGERI 11 JAKARTA Jakarta, Agustus 2019: Sebuah bangunan gedung Sekolah yang cukup megah telah berdiri sebagai momentum perkembangan layanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di jakarta.  Melalui Keputusan Gubernur DKI Jakarta no 946 Tahun 2019, berdirilah secara sah SLB Negeri 11 Jakarta, Sekolah termegah diantara 4 SLB Negeri yang diresmikan pemprov DKI Jakarta tahun 2019. SLB Negeri 11 Jakarta, yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Supomo, SH. Kel. Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan benar benar berada di tengah tengah kota Jakarta, hanya sekitar 100 m dari Tugu Patung Pancoran.  Berdiri kokoh bertingkat 4 lantai dengan jumlah ruang kelas yang sangat memadai untuk menampung siswa dengan berbagai jenis kebutuhan khusus mulai dari satuan Pendidikan TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB. didukung dengan sarana penunjuang seperti ruang Kepsek, ruang Guru, ruang pertemuan, ruang ketrampilan, ruang UKS, Gudep, lapangan olahraga

PROFIL SLB NEGERI 11 JAKARTA

SLB NEGERI 11 JAKARTA NAMA SEKOLAH           : SLB NEGERI 11 JAKARTA STATUS                            : NEGERI NPSN                                : 69988460 KEPALA SEKOLAH       : Drs. TRIYANTO MURJOKO, M.Pd ALAMAT                         : Jl. Prof. Dr. Supomo, SH Kel. Menteng Dalam, Kec. Tebet, Jakarta Selatan NO. TELFON/HP          : 082122625982 EMAIIL                         : slbnsebelas@gmail.com                   WEBSITE                     : slbn11jakarta.blogspot.com Memberi Layanan Pendidikan untuk Satuan Pendidikan : 1. TKLB     : Tunarungu, dan Tunagrahita 2. SDLB     : Tunarungu, Tunagrahita dan Autis 3. SMPLB  : Tunarungu, Tunagrahita, dan Autis 4. SMALB : Tunagrahita dan Tunarungu Google Map: https://goo.gl/maps/YTLbeVfFWZsRgR9y6

SLBN 11 PERINGATI HARI KARTINI 2022

PERINGATAN HARI KARTINI DI SLBN 11 JAKARTA Jakarta 21 April 2022 : Kepala SLB Negeri 11 Jakarta membawa kemeriahan pembelajaran PTM Terbatas 100% dengan kegiatan memperingati hari Kartini pada Kamis, 21 April 2022. Panitia yang dibentuk baik guru maupun tendik bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan kemeriahan acara peringatan Hari Kartini  Meski bertempat di selasar antar kelas, Peringatan hari Kartini serasa sangat meriah, karena justru malah terfokus dalam satu tempat yang dapat menampung guru dan siswa secara bersama dari satuan SDLB, SMPLB dan SMALB  Acara yang meriah kali ini diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu : Mewarnai gambar Ibu Kartini ; Membuat Video pendek berbusana Daerah ; Pembacaan Puisi dan Penayangan Video Profile sosok pahlawan Ibu Kartini. Acara didukung dengan penggunaan Multi media yang cukup Fantastik. Sukses Selalu SLBN 11 - Maju dan Tetap Jaya (Tri)